Gaya Androgini Cowok Menjadi Cantik

Monday, November 17th 2014. | Fashion

Androgini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan. Jadi seorang lelaki bisa berperan menjadi seorang yang maskulin dan kadang menjadi cantik, namun bukan banci, ia tetap pria. Itulah Gaya Androgini

Gambar Gaya Androgini

Gaya Androgini

ilustrasi – sumber gambar : lintas.me

Gambar Gaya Androgini Lain

Gaya Androgini

ilustrasi – sumber gambar : kvltmagz.com

Desainer asli Jogja, Ratri Kristiani mevisualisasikan inspirasinya yakni wanita pertama yang menyeberangi Samudra Atlantik, Amelia Mary Earhart, dengan gaya busana androgini berkesan smart, kasual namun tetap mewah dan glamor.

Busana-busana ini dirangkum dalam tema Decorum New Androgyne, mengangkat kearifan lokal dengan warna-warna soft. Tema ini menurut pemilik Rumah Produksi Neos di Setran, Karangtalun, Bantul itu, patut diilhami para pekerja kreatif seperti desainer dan fotografer yang hidupnya sering melakukan perjalanan. Namun mereka dituntut terlihat stylist dan atraktif.

Ciri khas busana ini berbentukk struktural, elegant, unisex colour namun hangat. “Aku terinspirasi dari wanita penerbang yang matang, smart, dan mandiri,” katanya menerangkan karya terbarunya, yang ditampilkan dalam Fashion Tendance awal Juli ini.

Warna-warna yang ditampilkan terkesan alami seperti hijau lumut, hijau pinus, biru dengan campuran violet, warna aubergine, coklat dan hitam. “ Ciri busana ini berhubungan dengan wanita dewasa yang produktif, bukan wanita yang lemah. Meraka hangat, stabil, nyaman, matang dan fleksibel,” lanjut anggota APPMI DIY yang memulai karier sebagai desainer busana sejak 2009.

Kemandirian itu ditampilkan dengan deain celana panjang yang dibuatnya, berwarna coklat berbahan kimia. Celana itu diberi aksesori kantong lebar, sesuai hasil perenungan wanita 32 tahun itu terhadap sosok sang pilot wanita yang tampil kasual.

Busana rancangan Ratri menggunakan aksesori unik, berbahan bambu yang dicat dibentuk layaknya bando sampai menutup dahi. Tutup kepala ini adalah simbol kekuatan wanita penerbang yang terbang tinggi untuk menggapai cita-citanya.

Sumber : Tri Wahyu Utami/JIBI – Harian Jogja, Minggu wage 29 Juli 2012, hal.6.(NO.8)

tags: , ,